Cara Menemukan Platform E-Commerce B2B Terbaik

Cara Menemukan Platform E-Commerce B2B Terbaik

Lanskap business-to-business (B2B) dengan cepat bergeser dari wilayah offline yang lebih tradisional, dengan lebih banyak perusahaan yang ikut-ikutan e-niaga.

Untuk memberikan hal yang tepat kepada pelanggan Anda — sekaligus menyesuaikan pengalaman mereka dengan merek Anda — Anda perlu menemukan platform e-niaga yang tepat untuk perusahaan B2B Anda.

Fitur Platform E-niaga B2B Penting

Meskipun masing-masing platform e-niaga yang akan kita bahas berbeda dalam banyak hal, mereka juga memiliki banyak kesamaan. Mari kita lihat lebih dekat beberapa fitur terpenting dari perangkat lunak dan platform e-niaga B2B.

Banyak platform E-niaga yang tersebar di internet dan kita harus jeli mana yang terbaik untuk kepentingan bisnis kita, bagi anda yang masih kebingungan dalam mengelola platofrom e-niaga, anda bisa mulai belajar di harisenin.com sekolah digitak yang akan memberikan banyak pelajar tentang marketing digital

1. Opsi pembatasan akses.

Mari kita hadapi: Bisnis e-niaga B2B sedikit lebih kompleks daripada bisnis e-niaga B2C. Karena nuansa dan aturan yang sering dikaitkan dengan penjualan ke bisnis lain, Anda harus dapat memanipulasi platform e-niaga Anda untuk memecahkan pengalaman pembeli yang berbeda, tergantung pada pengguna.

Karena itu, perangkat lunak e-niaga pilihan Anda harus memberi Anda opsi untuk mengizinkan atau membatasi akses ke bagian tertentu dari web Anda secara individual.

Misalnya, Anda mungkin ingin:

Sembunyikan harga massal Anda dari pelanggan B2C Anda.

Sembunyikan harga sama sekali (karena berbagai alasan).

Sembunyikan web B2B Anda sepenuhnya dari anggota yang tidak terdaftar.

Keputusan tentang cara menggunakan opsi ini terserah Anda, dan melibatkan melihat pengalaman pembeli B2B Anda serta variasi pelanggan dan produk Anda. Anda hanya perlu memastikan perangkat lunak e-niaga B2B yang Anda pilih memungkinkan Anda membuat pilihan ini sejak awal — jika tidak, Anda akan mengalami masalah saat mencoba membangun jalur ini di masa mendatang.

2. Penetapan harga, pembayaran, dan penyesuaian dan opsi pemesanan.

Bisnis B2B seringkali terdiri dari banyak bagian yang bergerak.

Di antara alat manajemen pelanggan, pusat pemenuhan, dan katalog punchout, ada banyak sistem berbeda yang perlu bekerja sama untuk membuat manajemen pesanan terpadu dan sistem penyesuaian.

Anda perlu memastikan platform e-niaga B2B Anda memungkinkan opsi transaksional dalam satu solusi terpadu.

Memiliki beberapa alat yang tidak bekerja sama akan mengakibatkan disorganisasi, kebingungan, dan potensi masalah dengan manajemen inventaris dan pemenuhan pesanan .

Ini sangat relevan jika Anda adalah bisnis hibrida yang menawarkan saluran B2C dan grosir — karena mengurangi konflik saluran dan manajemen sangat penting untuk semua aspek bisnis Anda.

Selain itu, Anda mungkin ingin memberikan pilihan pengiriman yang berbeda kepada klien terbaik Anda, sekali lagi tergantung pada tingkat, lokasi, atau faktor lainnya. 

Yang terbaik adalah memikirkan kemungkinan fitur B2B yang mungkin Anda perlukan sebelum Anda terjun ke dalam penerapan platform e-niaga ke etalase Anda.

3. Fokus berat pada pengalaman pengguna/pelanggan.

Setiap kali merek ingin membuat web e -niaga , satu hal yang paling penting (selain penjualan), dan itulah pengalaman yang didapat pengguna saat mereka mengunjungi web Anda.

Anda ingin merek Anda beresonansi dengan pelanggan b2b Anda, dan  pengalaman pengguna dan antarmuka pengguna (UX/UI)  web Anda perlu membuat pengalaman pelanggan Anda dengan merek Anda lebih memuaskan dan menyenangkan. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengotomatiskan video produk e-niaga Anda untuk menghasilkan video secara massal. Video lebih menarik secara visual daripada teks, dan selain meningkatkan pengalaman pengguna, Anda cenderung menikmati konversi yang lebih tinggi dengan menskalakan volume materi iklan Anda.  

Karena semakin banyak bisnis B2B bergerak menuju UX/UI yang disempurnakan dengan opsi pengoptimalan, yang terbaik Anda adalah mengidentifikasi platform yang memiliki semua opsi personalisasi yang Anda butuhkan untuk saat ini DAN di masa mendatang.

Karena itu, Anda ingin menemukan platform yang memungkinkan Anda membuat web e-niaga yang:

Template yang mudah digunakan dan dirancang secara intuitif.

Dapat disesuaikan dan bermerek.

Responsif di berbagai perangkat.

Alat yang mudah ditambahkan — seperti formulir pengambilan prospek, plug-in personalisasi, dan program hadiah.

Faktor yang Perlu Dipikirkan Sebelum Memilih Platform E-niaga B2B

Selain aspek menghadapi pelanggan yang kami sebutkan di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana pilihan platform e-niaga B2B Anda akan berdampak pada perusahaan Anda.

Dan kami mengartikannya dalam dua cara yang berbeda.

1. Penggunaan platform dan perangkat lunak.

Pertama-tama, kemampuan tim Anda untuk menggunakan platform pilihan Anda bergantung pada beberapa hal:

Antarmuka pengguna platform.

Tingkat pengetahuan yang dibutuhkan untuk memanfaatkan platform sepenuhnya.

Pengetahuan, kemampuan, dan bandwidth tim Anda.

Seperti yang akan kita lihat sebentar lagi, setiap platform disesuaikan untuk pengguna dengan tingkat pengetahuan pengkodean dan pengembang tertentu.

Dan, tentu saja, antarmuka setiap platform berbeda dalam berbagai cara.

Intinya adalah, sebagian besar platform dan perangkat lunak e-niaga b2b tidak dimaksudkan untuk semua orang; mereka tidak seharusnya. Itulah mengapa penting untuk memilih bukan platform “terbaik”, tetapi platform yang dapat dimanfaatkan tim Anda dengan sebaik-baiknya.

2. Implikasi bisnis.

Tentu saja, kami tidak dapat mengabaikan fakta bahwa pilihan platform e-niaga B2B Anda akan berdampak besar pada bisnis Anda secara keseluruhan.

Urutan pertama bisnis Anda, di sini, harus menjawab pertanyaan berikut:

Mengapa Anda membutuhkan web e-niaga?

Apakah Anda ingin mendapatkan pelanggan baru? Mencoba memperkuat hubungan Anda dengan klien Anda saat ini? Lakukan keduanya? Melakukan lebih?

Apapun masalahnya, pertahankan tujuan Anda di depan pikiran Anda, dan temukan platform yang paling memungkinkan Anda untuk mencapainya. Selain itu, lihatlah dua, lima, dan sepuluh tahun ke depan.

Alat apa yang Anda antisipasi perlukan saat Anda terus berkembang?

Anda menginginkan platform e-niaga yang akan mencakup tujuan bisnis Anda sekarang dan bisnis Anda saat berkembang.

3. Biaya platform.

Yang dimaksud dengan “biaya” di sini bukan hanya biaya moneter (walaupun tentu saja cukup penting), tetapi juga biaya internal untuk menyiapkan dan menjalankan web , memeliharanya, dll.

Satu pembeda besar di sini adalah platform SaaS (software-as-a-service) seperti BigCommerce dibandingkan dengan platform on-premise.

Sementara platform di tempat memungkinkan penyesuaian dalam jumlah yang luar biasa, mereka juga membutuhkan pengembang penuh waktu untuk bekerja melalui nuansa pembangunan yang kompleks.

Selain itu, solusi on-premise membawa bobot keamanan dan kepatuhan, yang juga bisa menjadi mahal.

Meskipun menyusun web e-niaga “apa saja” tidak terlalu sulit, mengelola web yang berfungsi penuh membutuhkan banyak dedikasi dari tim Anda, terutama jika Anda memilih platform yang memerlukan banyak pengembangan kustom.

Ini kembali ke kemudahan penggunaan. Semakin mudah bagi Anda untuk melakukan perbaikan pada web Anda, semakin baik platform untuk bisnis.

Perbandingan Platform E-niaga B2B

Oke, sekarang setelah Anda tahu apa yang harus dicari dari platform B2B yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda  , mari kita lihat beberapa platform e-niaga B2B terbaik di industri ini.

1. BigCommerce.

BigCommerce adalah salah satu platform e-niaga SaaS terbuka terkemuka untuk pasar menengah dan merek perusahaan.

Dikenal dengan total biaya kepemilikan yang rendah dan API yang sangat fleksibel, BigCommerce menawarkan berbagai fitur dan opsi e-niaga B2B yang tidak ditemukan dalam perangkat lunak pesaing.

Platform BigCommerce memudahkan bisnis hybrid dengan pelanggan B2B dan B2C untuk menawarkan daftar harga atau katalog yang berbeda kepada grup pelanggan.

Dengan kata lain, Anda dapat menyediakan B2B dan B2C dalam satu solusi terpadu.

2. NetSuite SuiteCommerce.

SuiteCommerce sangat berfokus pada pengoptimalan pengalaman B2B untuk pemasok dan konsumen.

SuiteCommerce sangat ideal untuk perusahaan yang beroperasi di berbagai saluran — terutama yang memiliki lokasi fisik .

Dengan menyediakan kemampuan untuk terlibat dengan pelanggan di berbagai saluran, SuiteCommerce memudahkan untuk menyediakan layanan yang dipersonalisasi secara menyeluruh.

Proses orientasi platform optimal untuk tim dengan sedikit atau tanpa latar belakang pengetahuan tentang e-niaga, ditambah dengan UI intuitif untuk membuat Anda siap dan berjalan dengan cepat. SuiteCommerce juga memungkinkan skalabilitas. Setelah web e-niaga Anda mulai mendapatkan daya tarik, Anda dapat mulai mendapatkan lebih banyak lagi darinya.

3. Perdagangan Digital IBM.

IBM Digital Commerce adalah platform e-niaga lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pemasok B2B.

Digital Commerce memudahkan perusahaan untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan individu melalui penggunaan kontrak, perjanjian pembayaran, dan dokumentasi serupa lainnya.

Platform ini juga mengotomatisasi secara real-time dan memungkinkan pemrosesan dan pengarsipan dokumen yang disederhanakan, memastikan semua perjanjian diselesaikan. Dengan Digital Commerce, tim Anda juga dapat membuat basis pengetahuan tentang informasi terkait perusahaan dan industri. Hal ini memungkinkan organisasi Anda dan pelanggan Anda untuk dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan kapan saja.

4. NuOrder.

NuOrder adalah platform entri pesanan e-niaga yang berfokus pada penyederhanaan proses dan peningkatan keterlibatan pelanggan.

Platform e-niaga B2B NuOrder cukup serbaguna dan dianggap sebagai alat penjualan dan pemasaran B2B yang berguna untuk vendor, pengecer, dan produsen .

Ini karena kesederhanaannya, serta fokusnya pada proses terkait B2B, seperti pemesanan ulang, pengiriman massal, dan banyak lagi.

Bagi mereka yang mencari solusi WYSIWYG, ini mungkin pilihan terbaik Anda.

5. TradeGecko.

Penawaran e-niaga B2B TradeGecko berfokus pada penyederhanaan proses yang melibatkan inventaris, pesanan, dan pengiriman.

Seperti NuOrder, kesederhanaan adalah inti dari nilai TradeGecko.

Dengan menyederhanakan dan mengotomatiskan berbagai proses transaksi Anda dengan TradeGecko, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk meningkatkan proses di tempat lain.

TradeGecko juga menyediakan pelaporan dan perkiraan yang mendalam, memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian pada proses Anda seperlunya.

6. Magnto.

Magnto biasanya merupakan platform di lokasi yang disesuaikan untuk organisasi dengan tim TI atau pengembangan khusus.

Namun, jika Anda dapat menggunakan Magnto sepenuhnya, Anda akan memiliki kemampuan untuk membangun toko e-niaga B2B di mana Anda memiliki kendali penuh.

Ini berarti Anda akan dapat memasukkan semua fitur yang berfokus pada B2B yang kami sebutkan sebelumnya (dan lebih banyak lagi) ke dalam web Anda dan menyesuaikan semuanya dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Bahkan jika saat ini Anda tidak perlu melakukan “all-in”, Magnto juga dapat diskalakan. Selama Anda memiliki kapasitas untuk bangun dan berjalan dengan platform, Anda akan dapat menggunakannya lebih dan lebih saat Anda tumbuh.

7. Shopify Plus.

Shopify Plus berfokus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan e-niaga perusahaan — lebih khusus lagi, pada perusahaan yang menghasilkan pendapatan $1 juta atau lebih.

Untuk perusahaan yang melakukan bisnis di banyak saluran, Shopify Plus adalah pilihan lain. Menampilkan antarmuka pengguna yang sangat sederhana dan intuitif, bahkan pengguna pemula sekalipun akan dapat menggunakan platform dalam waktu singkat.

Selain itu, Shopify berfokus pada penyederhanaan proses transaksi sambil tetap memungkinkan pelanggan dengan berbagai opsi. Sejalan dengan ini, Shopify dengan mudah menangani fluktuasi pembelian dan jumlah pesanan — sempurna untuk perusahaan yang beroperasi di ranah B2B dan B2C.

8. Kontalog.

Contalog adalah platform e-niaga omni-channel untuk perusahaan yang bertujuan memusatkan data mengenai inventaris, pesanan, serta informasi dan spesifikasi produk, dan untuk mengurangi kebutuhan akan titik sentuh manual selama proses transaksional.

Meski terdengar rumit, Contalog adalah platform e-niaga B2B ramah pemula yang memberi Anda kendali penuh atas proses transaksional perusahaan Anda. Banyak pengguna mengatakan platform ini ideal untuk perusahaan dengan banyak gudang dan lokasi.

GoECart.

GoECart dipuji sebagai solusi omnichannel all-in-one untuk perusahaan B2B yang ingin terjun ke dunia e-niaga.

GoECart, yang secara teknis merupakan rangkaian solusi mini yang berbeda, bertujuan untuk membantu Anda merampingkan setiap aspek web e-niaga B2B Anda, mulai dari manajemen hubungan pelanggan dan manajemen konten hingga proses transaksi backend.

GoECart juga menyimpan data dan informasi penting dalam basis terpusat, memastikan semua orang selalu mengetahuinya setiap saat.