Pilih Pasang Jok Paten, Semi Paten Atau Sarung?

Frasa “membungkus jok” cukup membingungkan bagi sebagian awam yg ingin memodifikasi interior dan joknya. Karena keinginan buat memodifikasi interior atau jok baik dengan cara paten, semi paten & sarung bisa digantikan hanya dengan istilah harapan “membungkus jok”. Memang tak salah , semua penggantian itu secara kasat mata adalah sekedar membungkus ulang jok dan interior. Padahal hasilnya – penampilan & ketenangan menurut ketiga cara “pembungkusan jok” tersebut tidak selaras sangat signifikan terhadap kualitas, penampilan & kenyamanannya.

Berikut ini disparitas cara pembungkusan jok yg umum dilakukan;

Cara ini adalah cara terbaik. Dikerjakan melalui pelepasan lapisan jok usang dan digantikan menggunakan bahan pelapis yg baru. Dilakukan Fitting bodi (bentuk & busa) jok sinkron menggunakan pola dan syarat kendaraan. Jok Paten akan terlihat tampil sangat pas, firm, rapi dan lebih nyaman. Istilah modifikasi jok sebenarnya yang paling sempurna buat jok paten ini. Dilakukan penggantian lapisan bahan secara menyeluruh dan bahkan tidak sporadis dilakukan pula penggantian dan penambahan busa. Keuntungan sistem Jok Paten merupakan bisa menonjolkan kualitas jahitan, pola, model dan kombinasi warna jok yg dibuat. Tampak sebagai produk handmade yg lebih bernilai dan bisa disesuaikan menggunakan kesukaan & asa pemilik kendaraan agar tampil lebih bergaya & tertentu.

Cara ini adalah cara yang paling simpel dan relatif murah. Dikerjakan tanpa melepas jok lama. Pembungkusan sarung ini posisi jok biasanya nir perlu dibongkar total berdasarkan dek kabin mobil, lantaran hanya diharapkan ikatan beberapa tali buat pemasangannya. Hal ini yg mengakibatkan penampilan jok sarung kelihatan nir rapi, menggelembung dan mudah bergeser sehingga tidak nyaman digunakan. Umumnya cara ini digunakan hanya buat melindungi jok orisinil supaya tidak rusak atau kotor sehingga dalam saat kendaraan beroda empat akan dijual balikmaka jok orisinil masih akan terlihat bagus yang syahdan katanya akan menambah nilai jual mobil tadi. Cara & pandangan kuno yg mungkin nir perlu dilanjutkan lagi. Tren sekarang, kebanyakan pemilik kendaraan akan memodifikasi jok mobil mereka sesuai dengan kesukaan dan cita-cita pribadinya.

Jok semi paten akhir-akhir ini tidak jarang ditawarkan menjadi modifikasi jok paten. Padahal cara pembungkusan jok semi paten ini hampir sama menggunakan pemasangan jok sarung. Yaitu tanpa melepas lapisan jok lama, hanya ditumpuk memakai sarung jok yg sudah dibuat sebelumnya. Perbedaannya hanya cara mengikatnya saja, apabila jok sarung menggunakan tali-tali atau risleting, jok semi paten menggunakan cara menjahitnya di beberapa bagian rendezvous sarung tersebut – umumnya pada bagian bawah jok. Tetap dilakukan pembongkaran jok dari posisi dek kabin yg terlihat seperti mengerjakan jok paten. Kualitas hasilnya sebelas-duabelas menggunakan jok sarung, resiko menggelembung, dan lapisan bahan akan terlihat nir pas pasti terjadi, lantaran penguatan bahan pelapis pada jok nir dilakukan di semua bagian jok secara paripurna.

Permukaan yang cenderung bergelembung tidak mampu dihindarkan sang cara semi paten & sarung

Dari cara pembungkusan jok dan interior tersebut sanggup dicermati kekurangan dan kelebihannya, tetapi keputusan permanen di tangan Anda untuk menentukan pembungkusan jok. Ada beberapa saran apa saja yg perlu diperhatikan sebelum melakukannya sbb;Apa yg Anda inginkan jangan hingga diselewengkan bengkel/seatmaker hanya lantaran disparitas pemahaman ke 2 belah pihak, misalnya misalnya frasa yang dipakai ketika melakukan order ingin “membungkus jok” tadi.Anda ingin jok paten tetapi dipasang dengan cara jok semi paten atau hanya di bungkus sarung saja lantaran terjadi miskomunikasi atau bahkan kekeliruan yang disengaja menggunakan tujuan mendulang untung lebih akbar & ketika pengerjaan yg lebih singkat dan gampang bagi bengkel/seatmakernya.Sangat disayangkan bila hal itu terjadi dan tentunya akan mengakibatkan kekecewaan pada lalu hari. Untuk itu kami sarankan usahakan pilihlah bengkel /seatmaker yg bonafid, diskusikan dahulu cita-cita, tentang model, warna, pilihan bahan & cara pengerjaannya sebelum Anda melakukan modifikasi interior & jok kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *